Cara Mengobati Rematik Pada Kaki

Cara Mengobati Rematik Pada Kaki – Rematik merupakan suatu kondisi penyakit yang menimbulkan rasa nyeri akibat otot dan persendian mengalami peradangan dan pembengkakan. Datangnya penyakit ini, dapat mempengaruhi penderitanya akan kesulitan dalam menjalan aktivitas sehari-hari seperti menulis, membuka botol, membawa barang dan memakai baju.

Cara Mengobati Rematik Pada Kaki

Selain itu, penyakit ini akan lebih rentan di alami oleh orang yang sudah menginjak lansia. Namun, sebagian orang dewasa, remaja bahkan anak-anak juga akan mengalami hal seperti ini. Kebanyakan, wanita di ketahui akan lebih berisiko tinggi mengalami rematik dibandingkan laki-laki. Cara Mengobati Rematik Pada Kaki

Gejala Rematik

Gejala utama dari penyakit rematik, memang sampai sekarang juga belum di ketahui secara pasti. Karena, gejala rematik ini mempunyai sifat datang dan pergi begitu saja. Akan tetapi, disini ada beberapa gejala yang paling umum terjadi, ialah :

  • Nyeri sendi dan mengalami bengkak
  • Timbulnya rasa kaku pada sendi
  • Sering merasakan lelah, mudah tersinggung dan depresi
  • Anemia

Adapun juga, penderinya akan merasakan beberapa gejala lain seperti berikut ini :

  • Berat badan menjadi turun
  • Mengalami peradangan yang akan terjadi pada mata
  • Terdapat benjolan seperti daging di bawah siku, tangan dan kaki
  • Walaupun jarang terjadi, timbulnya pembengkakan pada wilayah paru-paru, pembuluh darah dan selaput di wilayah jantung

Timbulnya gejala seperti diatas, memang sudah dipastikan akan berbeda-beda pada setiap penderitanya. Namun, pada umumnya gejala tersebut biasanya akan di mulai dengan memunculkan rasa ketidaknyamanan pada wilayah jari tangan, pergelangan tangan dan juga kaki. Cara Mengobati Rematik Pada Kaki


Penyebab Rematik

Berdasarkan kutipan dari artikel lainnya bahwa, penyakit rematik ini dapat terjadi apabila daya tahan tubuh sudah menyerang synovium atau lapisan membran yang melingkupi sendi.

Setelah itu, ketika peradangan tersebut sedang terjadi. Maka pada akhirnya, lapisan tersebut akan menghancurkan tulang rawan dan juga tulang yang ada didalam sendi.

Alhasil, tendon dan ligamen-ligamen yang menahan sendi akan melemah dan mengendur. Selain itu, organ sendi pun akan berubah bentuk dengan mengikis lebih sedikit demi sedikit di bagian lapisan sendi.  Cara Mengobati Rematik Pada Kaki

Walaupun demikian, ada beberapa faktor yang menjadi pencetus seseorang akan lebih rentan mengalami rematik, adalah :

  • Jenis kelamin

Seorang perempuan, akan mengalami risiko lebih tinggi menderita rematik di bandingkan laki-laki

  • Usia

Rematik memang dapat terjadi pada usia berapapun. Akan tetapi, kebanyakan sering di derita oleh orang yang sudah menginjak usia diatas 40-60 tahun

  • Merokok

Mempunyai kebisaan sering merokok, maka sudah dipastikan akan meningkatkan risiko terkena rematik

  • Lingkungan

Sering terpapar dari lingkungan, seperti silica dan asbes. Hal Seperti ini juga dapat meningkatkan risiko terpapar rematik

  • Obesitas

Kelebihan berat badan ataupun obesitas juga dapat meningkatkan rematik bertambah lebih kronis. Terlebih lagi, pada wanita yang sudah di diagnosa menderita suatu penyakit pada usia 55 tahun ataupun lebih muda. Cara Mengobati Rematik Pada Kaki


Macam-macam Penyakit Rematik

  1. Rheumatoid arthritis : Suatu kondisi apabila kekebalan tubuh sudah menyerang jaringan-jaringan sendi
  2. Osteoartritis : Penyakit persendian yang menimbulkan rasa nyeri
  3. Sindrom sjogren : Penyakit daya tahan tubuh yang menyerang jaringan sehat dan mengakibatkan peradangan
  4. Ankylosing spondylitis : Penyakit peradangan serius yang menghinggapi tulang belakang dan bagian tubuh lainnya

Makanan Sehat Penderita Sakit Rematik

Berikut merupakan ada beberapa makanan sehat yang dapat membantu dalam mempercepat proses penyembuhan rematik, ialah :

  • Ikan

Menurut penelitian mengatakan bahwa, lemak yang terdapat pada ikan ternyata mampu mengurangi risiko rematik lebih dari 50%, apabila anda mengonsumsinya dengan secara teratur.

Berbagai macam jenis ikan yang tinggi asam lemak omega 3 ialah ikan salmon, mackerel dan tuna.

  • Kedelai

Kedelai adalah makanan sehat yang dapat mencegah rematik. Selain itu, makanan yang mengandung kedelai seperti tahu, tempe dan susu kedelai juga dapat membantu dalam menjaga kesehatan jantung supaya terhindar dari tinggi protein. Cara Mengobati Rematik Pada Kaki

  • Teh hijau

Teh hijau kaya akan kandungan polifenal, dimana kandungan tersebut merupakan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan juga dapat menghambat kerusakannya tulang rawan.

Selain itu, penelitian juga mengungkapkan bahwa teh hijau ini didalamnya mengandung antioksidan yang dapat menghambat perkembangannya molekul akibat kerusakannya sendi-sendi.

  • Produk olahan susu

Sering mengonsumsi produk susu yang rendah lemak seperti yogurt, keju dan juga susu. Ternyata dari kesemua makanan tersebut, dapat meningkatkan kekuatan tulang dan mempercepat dalam proses penyembuhan penyakit rematik.

Pantangan Makanan Penderita Rematik

Ketika seseorang sudah di diagnos menderita rematik, alangkah baiknya pengidap harus mempunyai pantangan rematik dengan cara mengetahui beberapa makanan apa saja yang patut harus di hindari.

Disini ada beberapa pantangan makanan bagi penderita rematik, di antaranya :

  • Jeroan

Jeroan ialah jenis makanan yang sering di ambil dari dalama hewan seperti usus, hati, ampela, otak, jantung dan lain sebagianya. Dimana jeroan tersebut, mempunyai rasa yang sangat lezat.

Namun, bagi penderita rematik jeroan ini sudah dijadikan sebagai pantangan makanan. Karena, mengonsumsi jeroan dapat menjadi pencetus mudah kambuh dengan disertai timbulnya nyeri pada bagian yang terkena rematik. Cara Mengobati Rematik Pada Kaki

  • Santan

Pantangan makanan bagi penderita rematik yang selanjutnya adalah santan. Sebab, selain mempunyai rasa yang sangat lezat. Akan tetapi, santan didalamnya mengundang zat purin yang dapat memperparah terhadap penyakit rematik anda.

  • Seafood

Seafood yaitu makanan yang sangat digemari oleh sebagian masyarakat, lantaran mempunyai rasa yang sangat gurih dan bisa di tambahkan kedalam berbagai macam makanan.

Tapi sayangnya, bagi penderita rematik jenis makanan ini sebaiknya hindarilah sejauh mungkin. Pasalnya, makanan seafood dapat menjadi pencetus kemunculannya gejala-gejala rematik dan membuat rematik menjadi mudah kambuh.


Cara Mengobati Rematik Pada Kaki

Ketika musim hujan atau udara dingin, apalagi ketika musim panas, rematik ialah salah satu penyakit yang rentan kambuh. Sebab, selain pengobatan, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan supaya rematik tidak mudah kambuh ketika udara dingin. Lantas, apa saja cara-caranya ?

Berikut dibawah ini ada cara yang bisa anda lakukan untuk melawan kekambuhannya penyakit rematik, antara lain :

  • Olahraga

Mungkin, kebanyakan orang sering berpikir bahwa olahraga hanyalah dapat memperburuk sendi. Tapi, penelitian mengungkapkan bahwa dengan diadakannya olahraga, ternyata dapat membantu dalam mengurangi rasa sakit, menguatkan otot-otot dan membuat rematik supaya lebih sehat ke seperti semula lagi. Jadi, lalukanlah olahraga dengan secara teratur sampai kondisi anda benar-benar sembuh. Cara Mengobati Rematik Pada Kaki

  • Minyak ikan

Minyak ikan memang dapat membantu dalam menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan bagi pengidap rematik. Selain itu, minyak ikan juga sama efektifnya dengan obat-obatan anti inflamasi yang mempunyai peran penting sebagai penghilang rasa sakit dan kekambuhan.

  • Terapi panas

Yang ketiga cara sederhana dalam menyembuhkan rematik ialah dengan terapi panas. Gunanya untuk membantu dalam menenangkan rasa nyeri sendi dan juga otot. Cara Mengobati Rematik Pada Kaki

Itulah cara menyembuhkan rematik yang bisa LadangSehat.com jelaskan. Namun, jika anda ingin benar-benar sembuh dengan cara alami, aman dan tanpa menimbulkan efek samping. Kami sarankan kepada anda agar mengosumsi obat bernama Qnc Jelly Gamat.

Posted By : LadangSehat.com

Cara Mengobati Rematik Pada Kaki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *