Cara Mengobati Sariawan di Lidah Agar Tidak Perih

Cara Mengobati Sariawan di Lidah Agar Tidak Perih – Sariawan atau dalam bahasa medisnya sering di sebut dengan stomatitis aftosa merupakan timbulnya luka yang dapat mendatangkan rasa sakit dan tidak nyaman.

Cara Mengobati Sariawan di Lidah Agar Tidak Perih

Dimana luka tersebut, mempunyai bentuk oval atau bulat dengan warna putih dan kekuningan. Tambah lagi, pada tepinya sariawan ini akan mempunyai warna merah akibat peradangan.

Umumnya, sariawan ini dapat terjadi pada bagian bibir, gusi dan juga lidah. Selain itu, ketika sariawan ini tumbuh maka dapat berjumlah satu ataupun lebih. Sehingga, kebanyakan orang yang menandakan bahwa penyakit ini salah satu penyakit menular.

Penyakit sariawan ini, rata-rata sering di alami oleh orang yang sudah menginjak usia diatas 10 sampai 19 tahun, yang dapat di akibatkan oleh kurangnya menjaga kebersihan mulut dan juga adanya kerusakan pada organ selaput lendir di organ rongga mulut. Cara Mengobati Sariawan di Lidah Agar Tidak Perih

Gejala Sariawan 

Berikut ada beberapa gejala yang paling umum muncul bagi penderita sariawan, adalah :

  1. Timbulnya rasa tidak nyaman didalam lidah
  2. Terasa perih
  3. Rasa sakit yang dapat mengganggu ketika sedang berbicara dan makan
  4. Terlihat ada luka warna putih
  5. Pada sudut bibir, akan terlihat seperti adanya pecah-pecah ataupun kemerahan

Penyebab Sariawan

Sariawan di bibir, dapat di sebabkan oleh beberapa faktor seperti :

  1. Kurangnya zat besi ataupun vitamin B12
  2. Timbulnya infeksi oleh virus dan bakteri
  3. Akibat sering stres dan banyak pikiran
  4. Tampaknya gangguan hormon, yang dapat terjadi pada wanita sebelum datang haid
  5. Pernah mengalami trauma atau cedera ketika sedang mengigit makanan, tertusuk benda asing, tergores oleh sikat gigi dan lain sebagainya

Macam-macam Sariawan

Sariawan dapat di bagi menjadi 3 bagian, diantaranya :

  • Sariawan kecil, yang mempunyai diameter sekitar 2-8 mm dan biasanya akan sembuh dalam kurun waktu 10 hari hingga 2 minggu
  • Sariwan besar, memiliki ukuran lebih besar dan lebih dalam dengan disertai adanya luka pada pinggir lidah yang tidak teratur. Kondisi ini harus membutuhkan waktu sembuh selama beberapa minggu
  • Herpetiform, jenis sariawan kecil tetapi banyak kelompoknya

Makanan Sehat Penderita Sariawan

Datangnya sariawan, memanglah dapat menurunkan nafsu makan. Akan tetapi, apabila anda tidak mengonsumsi makanan apapun, mungkin tubuh anda akan terasa lemas dan mudah terserang penyakit.

Untuk itu, coba deh anda atasi sariawan sekarang juga dengan mengonsumsi makanan sehat seperti di bawah ini :

  • Vitamin B

Kekurangan vitamin B, biasanya tubuh akan rentan terserang penyakit sariawan, anemia, letih dan juga depresi. Oleh sebab itu, untuk menyembuhkan sariawan supaya segera sembuh.

Coba anda konsumsi semua makanan yang didalamnya mengandungan kaya akan vitamin B seperti dalam telur, tiram, ikan, daging, susu kedalai dan susu beras. Cara Mengobati Sariawan di Lidah Agar Tidak Perih

  • Vitamin C

Selain vitamin B, vitamin C juga sangat baik untuk dijadikan sebagai bahan obat dalam menyembuhkan sariawan. Lantaran, vitamin C ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan perkembangannya sariawan. Untuk contoh makanan yang mengandung vitamin C ialah buah jeruk, sayuran hijau dan buah berry.

  • Zat besi

Semua makanan yang mengandung zat besi, bukan hanya untuk menyembuhkan sariawan saja. Namun, makanan zat besi juga dapat meningkatkan organ otot dan tulang.

Sehingga, beberapa contoh makanan yang mengandung zat besi ialah daging sapi, hati ayam, kalkun, wijen, sereal, labu, tiram, dan lain sebagainya.

  • Asam Folat

Apabila didalam bibir anda terdapat adanya gejala-gejala kemunculannya sariawan, segeralah konsumsi makanan yang mengandung asam folat. Dimana asam folat tersebut dapat kita temukan pada makanan seperti bayam, asparagus, lobak dan kubis.

Sedangkan dalam buah-buahan, kandungan asam folat ini dapat di temukan dalam buah pepaya, pisang, grapefruit dan nanas.

Selanjutnya…
  • Air kelapa

Walaupun air kepala ini bukan tergolong kedalam makanan, namun air kelapa bisa anda jadikan sebagai bahan penyembuhan penyakit sariawan. Untuk itu, konsumsilah air kelapa sampai sariawan anda benar-benar sembuh. Cara Mengobati Sariawan di Lidah Agar Tidak Perih

  • Bawang putih

Seperti yang telah diketahui bahwa, mengonsumsi bawang putih ini dapat mengakibatkan timbulnya bau badan, bau mulut dan juga bau ketiak. Tapi nyatanya, bawang putih bagi penderita sariawan sangatlah bermanfaat.

Karena, didalam bawang putih ini mengandung zat anti inflamasi yang dapat membantu dalam mengobati sariawan di mulut. Manfaatkanlah bawang putih ini, dengan cara mengoleskannya ke bagian yang terkena sariawan.

  • Kunyit

Kunyit yang mempunyai banyak vitamin dan manfaat, yang sering dijadikan sebagan bahan obat-obatan alami. Ternyata, kunyit bisa menyembuhkan sariawan tanpa kambuh lagi.

Untuk caranyapun sangatlah mudah, anda cukup parut kunyit, setelah itu campurkan kedalam sedikit air. Lalu, aduk sampai mengental. Setelah semuanya selesai, oleskan pada bagian yang terkena sariawan. Cara Mengobati Sariawan di Lidah Agar Tidak Perih

Pantangan Makanan Bagi Penderita Sariawan

Mungkin semua penderita sariawan tidak akan tahu, dengan beberapa jenis makanan yang harus dihindari ketika sedang menderita sariawan dimulut. Oleh karena itu, disini ada beberapa pantangan makanan yang harus anda ketahui apabila anda sedang mengalami sariawan.

  • Makanan yang mengakibatkan iritasi

Apabila sariawan sedang melanda, kadang kala pengidap sariawan akan mengalami bibir pecah-pecah dengan timbulnya luka pada bagian gusi, dalam pipi dan juga bibir. Untuk itu, semua makanan yang mengakibatkan sariawan anda menjadi parah maka hindarilah sebaik mungkin. Cara Mengobati Sariawan di Lidah Agar Tidak Perih

Dan makanan yang dimaksud dapat mengiritasi timbulnya sariawan diantaranya sambal, lada, cabe dan semua makanan yang bercitarasa sangat pedas.

  • Makanan yang mempunyai tekstur keras

Semua makanan bertekstur keras seperti makanan biskuit, jambu biji dan makanan jenis lainnya. Maka hindarilah sebaik mungkin, sebab semua makanan tersebut dapat membuat sariawan anda menjadi bertambah kronis yang sangat sulit untuk disembuhkan.

  • Makanan alkohol

Makanan dan minuman yang didalamnya mengandung alkohol, sangat tidak dibolehkan juga bagi pengidap sariawan. Lantaran, alkohol dalam mengakibatkan sariawan anda sangat sulit untuk di sembuhkan. Oleh sebab itu, jauhilah semua makanan beralkohol ketika anda sedang sariawan. Cara Mengobati Sariawan di Lidah Agar Tidak Perih


Cara Mengobati Sariawan di Lidah Agar Tidak Perih

Berbicara tentang mengobati sariawan, memanglah harus segera dilakukan tanpa harus di tunda-tunda. Sebab, sariawan biasanya akan sembuh dan hilang sendiri selama 10 sampai 14 hari. Sehingga, beberapa peneliti mengatakan bahwa, penyakit sariawan jika dibiarkan, dapat bertambah lebih parah dan akan menyebar ke mana saja.

Untuk itu, jika anda sudah tak tahan dengan datangnya sariawan. Disini kami mempunyai cara yang bisa anda lakukan, ialah :

  • Lakukan berkumur dengan larutan garam atau dengan larutan baking soda kedalam air yang hangat
  • Konsumsilah air yang banyak
  • Oleskan es batu pada sariawan sampai meleleh

Itulah beberapa cara yang bisa membantu dalam menyembuhkan sariawan. Sangat disarankan juga, bagi penderita sariawan harus melakukan program hidup sehat dan selalu menjaga mulut supaya terhindar dari beberapa bakteri akibat sariawan.

Tetapi, selain melakukan cara diatas. Ada satu tips yang bisa anda lakukan untuk menyembuhkan sariawan dengan secara alami tanpa mengandung efek samping. Yaitu dengan mengonsumsi obat herbal bernama Qnc Jelly Gamat. Obat ini merupakan obat herbal kelas premium yang sudah terbukti bisa menyembuhkan sariawan dengan secara aman.

Posted By : Ladang Sehat

Cara Mengobati Sariawan di Lidah Agar Tidak Perih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *